Thursday 7 January 2016

Indonesia satu-satunya negara ASEAN yang mengembangkan Jet Tempur

Indonesia satu-satunya negara ASEAN yang mengembangkan Jet Tempur
Bekerjasama dengan Korea Aerospace Industries (KAI), PTDI akan segera memproduksi dan mengembangkan pesawat tempur generasi 4.5 yang diberi nama Korea Fighter Xperiment/Indonesia Fighter Xperiment (KFX/IFX).

Pesawat tempur generasi 4.5 ini merupakan salah satu generasi pesawat tempur paling mutakhir saat ini. Di Asia sendiri baru China yang sudah mengembangkan pesawat tempur generasi ini. Sementara India sepertinya juga baru akan memulainya seperti halnya Indonesia.
"Di Asia Tenggara baru kita. Kalau Asia sudah ada China yang kembangkan, Jepang belum. India juga belum tapi mereka baru mulai. Pakistan dia pakai lisensi China," uangkap Direktur Utama PTDI, Budi Santoso seperti dikutip dari detik.com (7/1/2016).
Dalam kerjasama ini Indonesia memiliki kontribusi sebesar 20%, sementara Korsel menanggung 80% sisanya.

Alasan Indonesia mau menggandeng Korea Selatan untuk proyek bernilai US$ 8 miliar ini adalah karena Korsel mau memberikan penguasaan teknologi 100% untuk Indonesia dengan melibatkan seluruh proses, dari proses pengembangan hingga proses produksi. Selain itu, pengalaman Korsel dalam pengembangan jet tempur T-50 Golden Eagle bersama Amerika Serikat juga menjadi perhitungan lain.

Dengan adanya proyek ini, diharapkan Indonesia memiliki satu lagi senjata baru untuk melindungi kedaulatan wilayah Udara NKRI tercinta ini. Senjata yang tidak hanya diimpor bekas dari negara-negara produsen senjata, tetapi senjata canggih yang benar-benar produksi bangsa sendiri.
"Pertahanan wilayah udara nomor satu. Ini sangat kritikal untuk pertahanan bangsa maka kita mesti punya sendiri (jet tempur). Alhasil, kita taruh insinyur terbaik untuk proyek KFX/IFX," tutur Direktur Teknologi dan Pengembangan PTDI, Andi Alisjahbana.
Konon proyek ini tidak hanya akan berhenti pada generasi 4.5, Namun juga memiliki visi masa depan hingga pengembangan pesawat tempur generasi 5 yang saat ini baru dimiliki oleh Amerika Serikat.

Maju terus Indonesia! Wujudkan mimpi menjadi negara yang berdikari! Amin.

Referensi: detik.com

No comments:

Post a Comment