Tuesday 5 January 2016

Dosen ITS meraih penghargaan "Early Chemist Award" di Hawaii

Dosen ITS meraih penghargaan "Early Chemist Award" di Hawaii
Adalah Sri Fatmawati SSi MSc PhD, seorang dosen jurusan Kimia Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) yang meraih penghargaan "Early Chemist Award" di Hawaii pada tanggal 20 Desember 2015 lalu.
"Gelar yang diserahkan dalam ajang 'The International Chemical Congress of Pacific Basin Societies 2015' di Honolulu, Hawaii, 20 Desember 2015, itu merupakan apresiasi untuk kami," ungkap Sri Fatmawati seperti dikutip dari okezone.com.
Penghargaan ini diberikan kepada penyandang gelar "The Most Inspriring Woman" dalam Kartini Award 2015 itu atas penelitian dan makalahnya tentang penggunaan ekstrak berbagai tumbuhan untuk pembuatan obat diabetes.

Salah satu yang mendasari penelitian ini adalah fakta bahwa negara Indonesia tercinta ini memiliki potensi alam yang luar biasa dan ingin membuktikan khasiat tanaman obat yang selama ini digunakan masyarakat luas untuk diteliti secara ilmiah.

Namun untuk saat ini hasil penelitiannya tersebut masih dalam tahap riset dasar. Masih memerlukan penelitian lebih lanjut lagi sebelum dijadikan obat dan diproduksi secara massal.

"Early Chemist Award" sendiri merupakan penghargaan bagi 40 peneliti muda bidang ilmu Kimia dan Spektroskopi yang memiliki rekam jejak dan publikasi terbanyak yang diserahkan dalam kongres kimia.

Dalam kongres yang diselenggarakan setiap 5 tahun sekali tersebut terdapat sekitar delapan ribu makalah dari 71 negara se-Asia Pasifik. Dari Indonesia sendiri terdapat lima peneliti lain yang meraih penghargaan serupa, selain Fatma.

Sudah kami bilang kan! Indonesia itu punya banyak orang cerdas! Sukses selalu buat ibu Sri Fatmawati! Semoga penelitiannya dapat segera rampung dan bermanfaat bagi masyarakat banyak! Terima kasih!

Referensi: OKEZONE

No comments:

Post a Comment